Home / Flow Meter / Tips Memilih Flow Meter Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Flow Meter Sesuai Kebutuhan

Flow meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui adanya aliran bahan ataupun material cair dan gas. Pada suatu aliran material, kecepatan aliran dan total massa pada material tersebut mengalir dalam kurun waktu tertentu. Jumlah aliran tersebut dinamakan sebagai totalizer. Agar mengetahui seberapa besar aliran zat cair dalam suatu alat, Anda dapat membeli flow meter sebagai alat pengukurnya. Sekarang banyak toko yang menjual alat pengukur aliran cairan, seperti flow meter.

Tips Memilih Flow Meter Berkualitas
Sebelum membeli flow meter, simaklah beberapa tips berikut untuk membeli flow meter yang berkualitas supaya Anda tak salah beli. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk pemilihan meteran ini di tempat jual flow meter, yaitu sebagai berikut:

1. Perlu diketahui bahwa hasil pengukuran yang telah dilakukan menggunakan flow meter dapat berupa flow rate ataupun total volume fluida mengalir.

2. Tentukan untuk jenis kebersihan dan kekotoran fluida yang telah mengalir. Contohnya, banyak atau tidaknya zat kotor yang sedang mengalir. Semisal bila Anda ingin mengukur lumpur, maka perlu diketahui karakteristik lumpur tersebut. Apakah banyak zat kotor ataukah lebih banyak air bersihnya.

3. Perlu diketahui model terbaru flow meter dengan menggunakan teknologi yang canggih. Tidak hanya dipakai untuk mengukur total volume ataupun zat yang mengalir, namun bisa pula dipakai sebagai alat kontrol yang bisa tersambung ke komputer ataupun smartphone. Sehingga nantinya akan lebih mudah mengirim data hasil perhitungan.

4. Pilih jenis flow meter yang sudah moveable sehingga mudah dipindahkan dan dipakai untuk hal lain. Seperti yang biasa dipakai oleh inspektor ataupun QC contohnya jenis portable Ultrasonic Flow Meter.

5. Plihlah body ataupun meterial pembuat flow meter yang dibuat dari Carbon Steel, Stainless Steel, Brass, Aluminium, PVC dan lain sebagainya menurut jenis fluida yang akan diukur.

6. Pertimbangkan perlu ataupun tidaknya sistem kedap air pada converter atau indicator flow meter.

7. Pilih material dilihat dari penggunaannya, misalkan saja untuk mengukur jenis bahan kimia dan makanan dalam perusahaan makanan, minuman, ataupun obat. Sehingga flow meter yang akan Anda pilih tahan terhadap bahan-bahan kimia tersebut.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih flow meter pada kebutuhan menganalisis laju dan jumlah fluida yang mengalir.

Cara Kerja Flow meter
Agar bisa melihat berapa banyaknya air atau fluida yang dipakai, Anda dapat membaca angka dalam meteran tersebut. Skala ini akan diakumulasikan tiap akhir bulan dengan bentuk rupiah. Sehingga Anda dapat melihat besarnya pengeluaran yang perlu Anda bayarkan sebagai tagihan bulanan. Untuk mengetahui dengan pasti data penggunaan air, Anda dapat mengontrol setiap penggunaan air pada bulan selanjutnya.

Hal ini bisa meminimalisir biaya penggunaan air yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Data yang dikeluarkan oleh flow meter merupakan akurat, selama alat ini digunakan dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Sehingga Anda tak perlu khawatir untuk hasil pengukuran yang dihasilkan.

Beli Flow Meter Berkualitas
Sesudah memperhitungkan banyak hal di atas, sekarang Anda dapat mengunjungi toko flow meter untuk membelinya. Kunjungi toko yang memang menjual flow meter berkualitas. Anda dapat meminta rekomendasi dari teman Anda toko atau perusahaan flow meter terpercaya. Atau juga bisa kunjungi website kami Tokowatermeters.com.

Demikian artikel tentang tips memilih flow meter yang berkualitas di tempat yang menjual flow meter. Jangan sampai lupa untuk membeli alat ini sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

About amico flowmeter

Check Also

Sejarah Singkat Flow Meter

Flow meter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur laju aliran ataupun Jumlah suatu fluida …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× chat dengan cs kami