Home / Flow Meter / Tips Merawat Flow Meter Digital

Tips Merawat Flow Meter Digital

Flow meter digital merupakan instrumen yang sangat diperlukan untuk mengukur laju aliran fluida, padatan ataupun gas. Maka dari itu, pemberian perawatan dengan cara berkala adalah kegiatan yang diharuskan untuk menjaga akurasi dan performa alat ini.

Beberapa faktor yang selalu membuat flow meter digital tak berfungsi dengan baik yaitu umur pakai dan material pengotor lainnya. Tak hanya karat, slime/lumut, hingga pengapuran sering menjadi masalah serius untuk alat-alat yang dibuat dari logam.

Tipe Flow Meter Digital dan Perawatannya

Tak semua flow meter digital mempunyai metode perawatan yang sama. Hal ini disebabkan perbedaan sistem, teknologi, dan material dari perangkat. Berikut ini beberapa tipe produk yang memerlukan perawatan khusus:

Mechanical Flow Meter
Produk tipe mechanical memakai sistem turbin, yang mana aliran liquid ataupun gas dihitung dari jumlah rotasi. Perawatannya terbilang sederhana, karena pada umumnya hanya partikel besar yang memang benar-benar mengganggu kinerja turbin.

Vortex Flow Meter
Produk tipe ini menerapkan hukum vortisitas, yaitu aliran liquid atau gas bisa dihitung dari seberapa kuatnya menekan tab sensor. Untuk hal perawatan seharusnya Anda membawa alat kepada yang profesional. Tetapi, Anda dapat melakukan konfigurasi dan kalibrasi ulang dengan mandiri.

Magnetic Flow Meter
Produk tipe ini memakai hukum Faraday yang mana aliran akan dihitung berasal dari tegangan elektromagnetik. Tapi, magnetic flow meter tak cukup baik bila untuk mengukur liquid/cairan ber-ion rendah. Pilihlah cairan kimia khusus bila akan membersihkan flow meter, atau jika tidak Anda mungkin akan merusak sensor magnetic-nya.

Tindakan saat Terjadi Malfungsi pada Flow Meter

Perawatan secara berkala pada perangkat benar-benar harus dilakukan dengan khusus oleh profesional. Tapi Anda tetap dapat memberikan tindakan pertama ketika flow meter digital mengalami malfungsi, yaitu sebagai berikut:

Skala dan Indikator Mati
Terdapat beberapa pilihan troubleshooting pada kasus ini, tapi Anda harus memastikan apakah magnet/ turbin/ sensor masih aktif ataukah tidak. Jika masih aktif, Anda tak perlu khawatir karena ada kemungkinan flow meter tersebut tidak cocok untuk membaca aliran fluida. Maka Anda hanya akan mengganti dengan alat yang spesifikasinya lebih sesuai.

Tapi, khusus magnetic flow meter ada juga kemungkinan magnet berada pada posisi horizontal. Dalam hal ini seharusnya Anda menghubungi toko ataupun pabrik untuk penggantian atau perbaikan.

Bagian window pecah atau retak
Kasus ini sering terjadi pada tipe magnetic, penyebab umumnya yaitu penggunaan metode yang kurang benar ketika perawatan. Harap untuk dicermati lagi penggunaan bahan kimia untuk perawatan. Sebenarnya akan lebih baik menggunakan bahan yang disarankan oleh produsen.

Skala dan Indikator Berkabut
Penyebab yang paling utama munculnya kabut di bagian dalam display indikator flow meter yaitu temperatur fluida berada diambang batas yang sudah disarankan. Tindakan yang bisa diambil yaitu melepas perangkat dan memindahnya ke tempat pada suhu lebih rendah.

Selain dari temperatur yang tinggi, kabut pada flow meter juga bisa dikarenakan pemakaian bahan material ataupun cairan kimia yang tak sesuai untuk pembersihan. Gunakanlah air dan sabun kimia rendah untuk perbaikan darurat.

Itulah beberapa cara merawat flow meter digital yang bisa Anda lakukan secara sendiri. Tetapi, untuk beberapa kerusakan yang serius pada komponen contohnya sensor, agar segera menghubungi pabrik atau toko supaya segera ditangani dengan profesional. Jangan lupa mematikan sistem sebelum Anda melepas flow meter dari line. Selain itu, gunakan kain kering bersih saat memeriksa ataupun melepas komponen perangkat supaya tidak terluka ketika melakukan perawatan.

About amico flowmeter

Check Also

FLOW METER OVAL FLOWPET-NX LS5576-2OOA

FLOW METER OVAL FLOWPET-NX LS5576-2OOA General Specifications     Flow Range     Model : …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× chat dengan cs kami