Home / Water Meter Sensus / Water Meter Sensus

Water Meter Sensus

Penggunaan alat flow meter sensus mempunyai berbagai macam diantaranya mechanical water meter. Cara pemakaian alat water meter ini tentu sangat gmapang dalam penggunaan maupun perawatannya. Berikut ini ada beberapa pilihan alat flow meter sensus yang bisa Anda pilih:

1. Mechanical Water Meter Dry Dial.
Pada sistem flow meter ini antara register Capsule serta Vane Wheel dipisahkan oleh sebuah membran. Hal ini bisa membantu air mengalir serta membuat baling bergerak yang menjadi tidak masuk ke dalam register capsule lagi. Kelemahan sistem ini adalah ketidaktahanan terhadap magnet.

2. Mechanical Water Meter Wet Dry Dial.
Kelebihan dari pemakaian water meter ini memiliki starting flow yang berbentuk kecil. Hal ini dikarenakan sistem tidak menggunakan magnet tetapi dilakukan secara langsung.

Sedangkan, untuk kelemahan dari penggunaan sistem ini adalah kualitas air yang dilalui menjadi tidak baik. Biasanya, pada bagian counter meternya akan ditumbuhi jamur ataupun lumut.

3. Mechanical Water Meter Semi Dry Dial.
Sistem mechanical dengan memakai sisten wet dial. Tetapi, bedanya di bagian counter pada sistem ini tidak dialiri oleh air. Tapi pada bagian tersebut diberi cairan berupa gliserin.

4. Magnetic Water Meter.
Prinsip kerja dari pemakaian magnetic water meter ini adalah didasarkan pada sistem magnet yang secara langsung dialiri oleh arus listrik atau elektronik. Biasanya pada pemakaian ini akan memberikan informasi berupa data digital yang ditampilkan ke dalam screen display secara akurat serta tingkat penyimpanan berkisar 0,5%-1%.

Tetapi, penggunaan pada alat ini membutuhan perawatan yang tinggi karena pemakaiannya menggunakan sistem teknologi. Tidak hanya itu, penggunaan sistem ini juga mempunyai kekurangan berupa harganya yang cukup mahal, sensitif bagian kontur, instalasi, pipa maupun listrik.

5. Water Meter Ultrasonik.
Pada penggunaan sistem ini menggunakan gelombang yang diletakkan di dalam pipa. Fungsi dari gelombang ini untuk mengukur kecepatan debit aliran. Meskipun, jenis flow meter ini cenderung mahal, justru ini yang sensitif pada perubahan aliran dengan tiba-tiba yang dapat memicu bubble. Tetapi, kelebihan dari penggunaan alat ini bisa menghasilkan data informasi kecepatan debit air akurat.

6. Ventury Meter.
Alat ini mempunyai fungsi untuk menghitung tekanan pada aliran fluida yang bergerak melalui pipa. Penggunaan alat ini mempunyai kelebiahn seperti konstruksi alat yang sederhana dan direkomendasikan untuk aliran airnya yang besar. Sedangkan kekurangan dari pemakaian alat ini adalah karena biayanya yang mahal dan perbedaan tekanan besar serta tidak sesuai dengan aliran rata-rata.

7. Orifice Meter.
Pemakaian alat ini dipakai untuk menghitung sekaligus mengatur pengaliran fluida. Selain itu, pengaplikasian Orifice Meter tidaklah rumit. Tetapi, penggunaan alat ini mempunyai kekurangan yaitu ketepatan pengukuran atau akurasinya rendah, tekanan tinggi memerlukan tenaga yang besar dan kapasitas aliran tidak linier atau satu arah.

PT.Harco Glodok Teknik menyediakan water meter sensus dengan harga terjangkau. Apabila Anda berminat silahkan datang langsung ke Harco Glodok Lt. 5 Blok C5 No.42 Jl. Hayam Wuruk Jakarta Pusat DKI Jakarta, Indonesia.

About amico flowmeter

Check Also

Water Meter Sensus 50mm

Water meter sensus 50 mm Nominal Diameter : 50 mm Maximum peak flow : 90 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× chat dengan cs kami